Perusahaan Lokal Yang Mendunia

Perusahaan lokal yang mendunia

Oleh: Goenawan Loekito

Ini adalah suatu fenomena yang sangat baik, yang patut dicontoh oleh rekan-rekan pelaku bisnis yaitu bagaimana kiat sebagai perusahaan lokal yang bisa mendunia atau sering dikatakan sebagai \’Think big, act locally and go global\’. Bahkan contoh fenomenal ini sebut saja, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk sudah merupakan 12 perusahaan besar kelas dunia di bidang pulp & paper, dan sedang menuju ke Top 10 bahkan Top 5 secara global.Walaupun banyak orang mencibir, begitu mendengar nama suatu perusahaan yang asalnya dari negeri kita tercinta, Indonesia. Dengan nada sedikit tidak percaya, biasanya rekan-rekan kelas dunia lainnya mengatakan apakah benar-benar dari Indonesia? Ya tantangan inilah yang kita harus hadapi & buktikan, bahwa dengan moto yang sering kita dengar “Bersama kita bisa\’ atau sering kita dengar dalam istilah asing \’Together We Can\’.

Sekalipun demikian, apapun kata orang, kami sebagai pemerhati bisnis & teknologi, dengan bangga dan besar hati, kita katakan “Yes, we can” artinya “Ya, Indonesia bisa,” yaitu bisa membuktikan bahwa banyak perusahaan-perusahaan Indonesia yang telah melakukan lompatan besar seperti gambaran dari PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk ini, walaupun banyak dari mereka yang mengatakan bahwa kami bukan perusahaan Indonesia, padahal mereka adalah perusahaan murni 100% Indonesia.

Memang tidak bisa dipungkiri, kalau mereka mengaku Indonesia, banyak pembeli yang tadinya sudah melakukan transaksi atau sudah order, mengundurkan diri karena banyak alasan baik yang dicari-cari ataupun dilakukan dengan sengaja.

Lain halnya dengan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Inilah yang perlu kita contoh dan cermati, langkah-langkah positif apa yang sudah diambil, sehingga perusahaan ini mampu berdiri sama tegak, duduk sama rendah dengan perusahaan-perusahaan sejenis lain di dunia ini, baik dari benua Eropa maupun Amerika.

Ada beberapa poin yang pemerhati lakukan catatan, antara lain :

  • Perusahaan sangat fokus pada bidangnya, dalam hal ini pulp & paper atau dalam bahasa kita, dikatakan fokus pada kertas dan bubur kertas.
  • Perusahaan ini sangat mementingkan sustainability, artinya kelangsungan hidup perusahaannya baik dari awal sampai dengan hasil akhirnya yang siap dipasarkan & mampu bersaing di pasar global, baik dari segi kualitas maupun dari kuantitas, walaupun banyak yang mencibirkan bibirnya bahwa itu dari Indonesia.
  • Perusahaan ini sangat jeli dalam melihat pasar dan peluang pasar serta fokus pada bagaimana memberikan value yang terbaik, baik dari segi kualitas maupun waktu, yaitu antara lain dengan menyiapkan tanaman siap panen dengan umur yang lebih singkat
  • Perusahaan sangat yakin, bahwa kalau kita akan bermain dengan kelas dunia, maka harus menerapkan sistem sampai dengan compliance system agar masuk ke kelas dunia termasuk penyelenggarakan tertib administrasi dan transparansi dengan menggunakan sistem teknologi informasi yang baik dan bisa di-trace-back artinya sistem TI yang auditable.
  • Perusahaan melakukan jaringan pemasaran yang menjangkau sentra-sentra dunia, khususnya di mana pembeli pulp & paper berada di sana.Komitmen manajemen

    Tidak kalah menariknya, bahwa semua itu karena komitmen dari CEO PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk agar senantiasa berkembang & sustain menuju kelas satu dunia

    Dan masih banyak hal positif lainnya yang dilakukan oleh perusahaan, walaupun masih banyak mengahadapi hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah internal maupun eksternal

    Di bawah kepemimpinan Bapak Indra Widjaja sebagai Komisaris Utama bersama dengan beberapa komisaris-komisaris independen dan Bapak Teguh Ganda Wijaya sebagai Presiden Direktur beserta direksi-direksi lainnya serta didukung oleh Direktur yang khusus menangani kehumasan yaitu Bapak Yan PartaWidjaja. Dan tidak kalah menariknya, walaupun bukan dijajaran direksi tetapi namanya cukup mencuat ke permukaan yaitu pimpinan dari Divisi Teknologi Informasi, Bapak Anton Mailoa yang sangat gencar melakukan penstabilan sistem TI guna menunjang bagi perusahaan sekelas dunia.

    Bisa dibayangkan, masih banyak poin lainnya, dengan komitmen penuh dari keluarga WIDJAJA inilah, PT Indah Kiat Pulp & paper telah memcatatkan perusahaannya di Bursa Efek Jakarta, yang sekarang dikenal sebagai Bursa Efek Indonesia.

    Sebagai pemerhati bisnis, kami sangat bangga apabila Indonesia mempunyai banyak perusahaan sekelas Indah Kiat ini untuk menuju pasar global, baik dengan skala kecil, skala menengah sampai skala besar bahkan skala raksasa dari Indonesia.

    Sebagai praktisi, kami sangat yakin bahwa Indonesia bisa dan pasti bisa. Kembali pada realita akhir-akhir ini, bukan perusahaan besar yang akan survive, melainkan perusahaan yang mampu melakukan dan beradaptasi dengan perubahan dunia khususnya dunia bisnis dengan situasi dunia saat ini, bahwa “The world is flat.”

    Ingat suatu kiasan berikut ini bagi kita semua yang sering sudah kita dengar, kiranya menggugah kita semua sebagai pelaku bisnis di Indonesia untuk bangkit dan maju sesuai dengan 100 tahun Kebangkitan Nasional Indonesia (1908-2008).

  • Categories: Manajemen | Tinggalkan komentar

    Navigasi pos

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

    %d blogger menyukai ini: